Perkembangan revolusi industri saat ini telah mencapai pada titik Revolusi Industri 4.0. Konsekuensi dari dinamika revolusi industri tersebut diantaranya adalah pesatnya kemajuan teknologi, informasi, dan digitalisasi hampir pada semua aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali pendidikan. Dalam rangka mebangun sumberdaya manusia (SDM) yang siap dan adpatif terhadap dinamika revolusi industri 4.0, maka IPB menyelenggarakan Workshop dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional yang bertajuk “STRATEGI PENGINGKATAN PROFESIONALISME & KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA JABATAN FUNGSIONAL DI ERA UNDUSTRI 4.0”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 25 – 26 Juli 2019 di Auditorium JHH, Fakultas Peternakan IPB. Pada kegiatan Workshop dan Seminar Nasional tersebut, Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB mengutus empat perwakilan dari Staff Kependidikan, yaitu Waluyo, SE., Wardana, SE., Lia Jamilah S., A.Md., dan Sri Hastuti Anggrawati, S.Hut., M.Si.

Secara keseluruhan, Workshop dan Seminar Nasional ini diikuti oleh 350-an peserta dari seluruh Indonesia, yang terdiri dari Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), Arsiparis, Analis Kepegawaian, Pustakawan, Pranata Humas, Pranata Komputer, serta Nutrisionis & Fungsional Umum. Selain itu, kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa institusi negeri maupun swasta, meliputi Perguruan Tinggi, lembaga, dan dinas.

Adapun tujuan dari Workshop dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional ini, yaitu :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ASN terhadap kebijakan atasan untuk meningkatkan profesionalitas ASN sesuai jabatan fungsionalnya dalam rangka menyongsong Era Industri 4.0.
  2. Desiminasi hasil penelitian atau inovasi ASN dalam bentuk karya ilmiah untuk menunjang karier.