Praktek Lapang Kehutanan atau biasa disingkat PLK adalah kegiatan praktikum lapang yang diselenggarakan untuk mahasiswa semester 4 (empat) yang baru memasuki tahun pertama belajarnya di Fakultas Kehutanan dan Lingkungan. Setelah sebelumnya para mahasiswa diberikan keilmuan dasar mengenai ekosistem hutan dalam pelajaran seperti dendrologi dan ekologi hutan maka mahasiswa diharapkan terjun langsung untuk dapat mengenal hutan secara langsung.

PLK dilakukan selama 1 bulan yang terdiri dari 2 minggu praktikum di Hutan Penelitian Gunung Walat, Sukabumi dan 2 minggu kemudian dilakukan di beberapa jalur, diantaranya: Jalur Papandayan – Sancang Timur, Jalur Kamojang – Sancang Barat, Jalur Gunung Sawal – Pangandaran, dan Jalur Cilacap – Baturaden.

Dalam kegiatannya para mahasiswa ini atau bisa disebut para rimbawan muda belajar mengenal berbagai tipe hutan mulai dari hutan pegunungan sampai dengan hutan pantai serta hutan mangrove. Selain pengenalan hutan para rimbawan muda melakukan beberapa kegiatan kunjungan seperti ke pabrik pengolahangetah (gondorukem, terpentin), pabrik hasil hutan bukan kayu, serta pabrik mainan yang berbahan dari alam. Harapannya kegiatan praktikum lapang kehutanan ini menjadi wadah rimbawan muda untuk dapat mengenal dan mengeksplor dirinya di alam serta kegiatan ini menjadi bekal bagi para rimbawan muda  untuk menghadapi dunia kerja di masa mendatang.